WNBA mengumumkan perjanjian hak siar media selama 11 tahun dengan USA Network untuk menayangkan 50 pertandingan per musim, termasuk babak playoff dan Final WNBA di tahun-tahun tertentu, mulai musim 2026.
Perjanjian ini memperluas paket tayangan yang sebelumnya akan didistribusikan oleh USA Network berdasarkan kesepakatan media nasional yang ditandatangani oleh WNBA pada tahun 2024.
Perkembangan Signifikan Dalam Penyebaran Siaran
"Kemitraan dengan VERSANT dan USA Network menandai tonggak penting lain dalam pertumbuhan berkelanjutan WNBA," ujar Komisaris WNBA Cathy Engelbert. "Saat permintaan terhadap basket wanita terus meningkat, kemitraan seperti ini akan memperluas visibilitas dan aksesibilitas permainan kami. Melalui penetapan jadwal rutin di waktu prime time, perjanjian ini akan menunjukkan aksi menarik dari WNBA ke lebih banyak rumah tangga dan meningkatkan profil atlet-incredible league ini."
Perjanjian ini akan menyediakan siaran reguler setiap minggu, memberi peluang lebih besar untuk penggemar menyaksikan pertandingan secara langsung dan memperdalam pengetahuan tentang permainan wanita profesional di Amerika Serikat.
Baca juga: Pelatih Lynx Dihukum Rp225 Juta karena Pernyataan Kontroversial
Manfaat dan Dampak Perjanjian
Dengan tambahan pertandingan dan siaran di waktu prime time, penonton dapat menyaksikan lebih banyak pertandingan penting di seluruh musim. Sekarang, pertandingan reguler dan playoff akan diakses melalui USA Network, yang dikenal dengan jadwal siarannya yang konsisten dan jangkauan luas. Tak hanya itu, kesepakatan ini juga meningkatkan potensi penonton dan daya tarik sponsor di seluruh negeri.
Sept. 21: The Minnesota Lynx's Courtney Williams (10) dribbles the ball past the Phoenix Mercury's Alyssa Thomas (25) during Game 1 at Target Center. Mandatory Credit: Jesse Johnson-Imagn Images
Selain itu, perjanjian ini juga mendukung strategi pemasaran dan promosi olahraga wanita, memperkuat posisi WNBA sebagai kompetisi elit dan mempercepat pertumbuhan popularitas basket wanita di panggung nasional dan internasional.
Baca juga: Aliyah Boston Gabung Jadi Analis Siaran NBA dan NCAA Musim Ini
Kesepakatan Media Lain dan Rencana Siaran Terkait
Pada Juli 2024, WNBA juga mengumumkan paket hak siar media selama 11 tahun dengan nilai rata-rata $200 juta per tahun, bekerja sama dengan Disney, NBC, dan Amazon. Tahun ini, WNBA dan Scripps mencapai kesepakatan multi tahun untuk menayangkan pertandingan reguler setiap Jumat malam di saluran ION, memperluas jangkauan siaran yang sudah ada.
Siaran di USA Network akan mencakup dua pertandingan setiap Rabu malam, lengkap dengan program studio pra- dan pasca-pertandingan yang khusus disediakan untuk menambah pengalaman menonton dan mendekatkan penggemar dengan tim dan pemain favorit mereka.
Sebelumnya, kesepakatan media yang menargetkan ekspansi siaran game WNBA ini menunjukkan langkah strategis league menuju peningkatan standar keberhasilan finansial dan popularitasnya selama dekade mendatang.
Selain itu, kemitraan ini diharapkan dapat menarik lebih banyak sponsor dan pemirsa di seluruh kawasan, serta mendukung pengembangan pemain dan tim melalui peningkatan exposure yang signifikan. WNBA tetap fokus pada pertumbuhan sport yang cepat ini, dan perjanjian ini merupakan bagian dari strategi besar untuk memperkuat posisi mereka di industri olahraga global.
Sept. 21: The Indiana Fever's Odyssey Sims (1) celebrates with teammates during the Fever's 89-73 Game 1 win over the Las Vegas Aces at Michelob Ultra Arena.
Sept. 21: The Indiana Fever's Kelsey Mitchell (0) attempts to score a layup while defended by the Las Vegas Aces' A'ja Wilson (22) and Jewell Loyd (24) during the second quarter of Game 1 at Michelob Ultra Arena.
Sept. 21: The Indiana Fever's Kelsey Mitchell (0) attempts to score a layup against the Las Vegas Aces during Game 1 at Michelob Ultra Arena.
Tags: WNBA Hak siar USA Network Basket Wanita Perjanjian Media